Sabtu, 19 Desember 2009

Melihat Kepribadian Lewat Facebook

Tren jejaring sosial yang sedang menjamur di Indonesia benar-benar memberikan warna tersendiri bagi penggila dunia maya, bayangkan dari secuil kata-kata yang kita tulis di status bisa direspon oleh orang di seluruh belahan dunia.

Tapi pernahkah kamu amati bahwa status / komentar di Facebook atau situs jejaring sosial lain ternyata mencerminkan sebagian pribadi seseorang yang sesungguhnya?.
Dari komentar-komentar di facebook kita jadi lebih tau kepribadian / sisi lain dari teman kita yang sebenarnya.

Kenapa demikian? di dalam facebook atau jejaring sosial lain kita bisa berekspresi tanpa diamati secara langsung oleh orang2 / aturan2 yang dalam dunia nyata yang kadang membatasi sehingga membuat kita menjadi "bukan diri kita sendiri" atau "setengah diri kita sendiri", hasilnya sudah pasti banyak hal2 (sifat2) yang tidak terakomodir di dunia nyata dan mereka melarikan (sebagian) ungkapan dari hati (yang tak terakomodir) di dunia nyata melalui situs2 jejaring sosial.
Mereka akan lebih jujur, apa adanya, dan blak-blakan menyusun kata demi kata (status / komentar) sesuai perasaan hati nurani.

Dari sekian puluh / ratus status atau komentar2 yang mereka tulis pasti ada benang merahnya, dan kita bisa lebih tau apakah teman kita ini tipe orang yang pemarah, penuh semangat, optimis, humoris, low profile, cuek, sombong, pembual, dsb dengan mengamati kumpulan status atau komentar2 yang selama ini mereka tulis.

Meskipun banyak yang beranggapan facebook /situs jejaring sosial lain banyak berisi kebohongan, saya percaya bahwa apa yang mereka tulis adalah bahasa hati yang tak terakomodir di dunia nyata.

Jadi mulai sekarang coba deh amati status atau komentar2 teman kamu di situs jejaring sosial dan mulai temukan sisi lain kepribadian teman kamu disana.

Baca Juga Koleksi Artikel Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar