Senin, 23 Agustus 2010

Andy Carroll, Top Skorer EPL 2010/2011?

Hasil liga Inggris semalam benar-benar bikin saya geleng-geleng kepala, bukan saja partai MU yang mampu di imbangi Fulham, atau partai "pembantaian" yang dilakukan Chelsea dan Arsenal, juga kekalahan telak Aston Villa dari tim promosi New Castle United.
Nah, partai terakhir ini memunculkan satu nama yang mungkin bakal menjadi ancaman buat bomber-bomber yang sudah lama eksis di premier league.
Namanya Andy Carrol, hattrick-nya ke gawang Aston Villa membuat beberapa penikmat sepak bola sedikit melupakan hattrick didier drogba pekan kemarin, atau theo wallcott sehari sebelumnya.

Mungkin terlalu dini menyejajarkan pemain berambut gondrong kelahiran 6 Januari 1989 (21 Tahun) ini dengan bomber-bomber kelas wahid di premier league, tapi setidak-tidaknya para bek lawan mulai sekarang perlu waspada terhadap sepak terjang bomber tinggi besar ini.

Di Newcastle sendiri, meski masih sangat belia, Carroll sudah dapat kepercayaan tinggi dari pelatih Chris Hughton untuk jadi pilihan utama di lini depan. Bukan itu saja, sejak musim lalu dia dipercaya memakai nomor punggung sembilan, nomor yang sebelumnya menjadi milik pemain besar klub tersebut seperti Alan Shearer, Jackie Milburn dan Andy Cole.

mengawali karir sepakbolanya di akademi sepakbola Newcastle dan dipercaya tampil di Piala UEFA saat masih berusia 17 tahun dan 300 hari, menjadikannya pemain termuda klub tersebut yang tampil di kancah Eropa. Gol pertama yang dia cetak adalah ke gawang Juventus dalam sebuah laga persahabatan di tahun 2007.

Sempat dipinjamkan ke Preston North End selama semusim, Carroll balik ke St James Park tahun 2008. Namun dia harus menunggu hingga musim 2009/2010 untuk bisa dapat kesempatan bermain lebih banyak, menyusul banyak hengkangnya striker utama Newcastle seperti Michael Owen, Mark Viduka dan Obafemi Martins.

Kesempatan tersebut mampu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Carroll lewat performa gemilang dan gol-gol yang terus hadir dari kaki dan kepalanya. Mulai menjadi bagian dari skuad utama, dia menyudahi musim 2009/2010 dengan total melesakkan 19 gol di semua kompetisi, 17 di antaranya di liga.

Premier League memang baru berjalan dua pekan, tapi jika Carroll mampu mempertahankan performa-nya, dan dengan dukungan rekannya macam kevin nolan, alan smith, dkk, bukan tidak mungkin persaingan gelar top skorer akan memunculkan nama baru musim ini, Andy Carroll.


Baca Juga Koleksi Artikel Lainnya:



3 komentar:

Elvindinata mengatakan...

wah,,,setuju sama ente sob,,,, tpi ane tetep pegang MU,,, sipp,,semngaat ^^

Catatan coach Widy mengatakan...

oke bgt artikelnya
ane tetap United sejati

cOach Hakim mengatakan...

@elvindinata, widy, ane ngikut merah juga ahh... tapi LIVERPOOL, yOu'll never walk alone! hehehe...

Posting Komentar